-->

Senin, 21 November 2016

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Saat Berada di Luar

Siapa sih yang tidak pernah ke toilet umum. Pasti kamu tak mungkin bisa menghindari toilet umum kalau lagi kebelet. Toilet umum seperti di mall, tempat kerja, kampus, pom bensin dan masih banyak lagi. Kelihatannya memang bersih ya friends? Tapi belum tentu bebas dari kuman. Berbagai virus dapat menyebabkan sakit tenggorokan, flu,  atau gangguan pencernaan seperti diare. 

Kuman adalah virus yang sangat kecil yang tak kasab mata. Sehingga kita tidak tau dimana saja dia bersembunyi. Cara kuman tersebut masuk kedalam tubuh memalui interaksi yang kamu lakukan ditoilet.   Seperti pegangan pintu,   tombol flush pada kloset, keran air,   semua itu adalah benda yang pasti kamu sentuh. Betul kan? Namun bukan berarti toilet yang berbeda di rumah juga bersih bebas kuman yah? Sama saja yang namanya toilet pasti banyak kuman berkoloni.

Diluar kebersihan dan kesehatan, tentu toilet umum rawan akan tindak kejahatan. Dimulai dari pencurian, perampokan serta kejahatan seksual. Kamu harus bisa menjaga diri dengan baik saat berada di tempat-tempat umum. Perhatikan seksama orang yang lalu lalang di sekitar toilet, mungkin ada maksud dan tujuan tertentu. Biasanya mereka baik di depan untuk melancarkan aksi jahatnya tersebut. 

Kamu tidak perlu parno dalam menggunakan toilet umum. Sebab ada beberapa cara untuk melindungi diri ketika berada di toilet umum, ini ulasan untuk kamu :

Bawa tas dan perlengkapan kamu ke dalam toilet, letakkan di tempat yang bersih ya..

Demi keamanan tas serta perlengkapan kamu, maka bawa semua barang-barang tersebut ke dalam toilet. Sebab, banyak tangan-tangan jahil di kanan kirimu. Kemudian, letakkan barang tersebut di tempat bersih atau di gantungan yang menempel pada tembok. Terkadangkan ada toilet yang tak dilengkapi gantungan, disisi lain tidak ada teman untuk menunggui tas kamu. Lebih baik kamu pangku saja tasmu ketika sedang buang air. 

Selain menjaga dari tidak kejahatan, kamu juga harus memperhatikan kebersihan benda yang kamu bawa. Sebab, urusannya ke kesehatanmu juga.   

Lihat semua sisi pada toilet terutama di bagian atas dan bawah, pastikan tidak ada kamera atau kaca

Selain rawan terhadap pencurian, penyakit, juga harus hati-hati terhadap pengintai seksual. Mereka melakukan barbagai macam cara untuk memuaskan hasratnya. Terkadang memasang kamera di toilet atau memakai kaca agar bayangannya bisa di lihatnya dari luar. Hal ini sangat penting diwaspadai, kamu pasti tidak maukan sebagian tubuhmu disaksikan bahkan disebarkan oleh orang iseng yang tidak bertanggung jawab?

Apabila kamu sudah mengetahui bahwa toilet tersebut ada yang mencurigakan, segera keluar. Tetapi kalau toiletnya hanya ada satu yang kosong, sementara kamu kebelet sekali, berusahalah untuk menutupi kameranya atau kacanya. Kemudian laporkan tentang itu ke satpam atau orang yang berpengaruh di tempat tersebut. Jangan sama penjaganya, laporanmu tak ada gunanya karena bisa saja dia pelakunya. 

Perhatikan kebersihan kloset, antisipasi dari kuman atau bakteri yang menempel

Kalau toilet umum yang kamu tempati saat itu menggunakan kloset duduk, seka dulu dudukannya dengan tisu lalu siram dengan air. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan tubuhmu sendiri. Jika toiletnya masih tradisional yang jongkok itu, cukup siram saja dengan air semua bagiannya, baru setelah itu kamu gunakan. 

Setelah kamu gunakan klosetnya jangan lupa bersihkan kotoran yang kamu keluarkan. Agar orang yang menempati berikutnya atau yang ada di sekitar toilet tidak mencium aroma menyengat dari dalam toilet. Karena itu sangat menjijikkan dan kasihan juga mereka. 

Waspada dengan kebersihan diri ketika sedang memakai toilet 

Upayakan jangan menyentuh benda -benda di toilet. Saat kamu menekan tombol flush gunakan tisu atau saat membuka pintu juga pakai tisu. Tapi ini demi keahatan kamu sendiri. Sebenarnya ada cara lain sih, setelah kamu memegang benda-benda pada toilet cucilah tanganmu sampai bersih menggunakan sabun. Untuk kebaikan diri kamu, selalu bawalah sabun cair kecil kamanpun kamu pergi. Sehingga di saat genting seperti ini kamu tetap bisa menjaga kesehatan diri. 

Ini perlu diperhatikan sebelum menekan flush tutuplah kloset terlebih dahulu sebab jika terbuka kuman dapat meloncat keluar dan hijrah ke tubuh atau barang bawaanmu. Sedangkan pada toilet jongkok hati-hati kalau nyiram yah jangan sampai airnya terkena baju atau barang kamu. 

Bersihkan diri seusai buang air di dalam toilet

Setelah melaksanakan tugas suci, jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Cuci benar -benar dengan menggosok telapak tangan,   sela sela jari tangan, punggung tangan. Cuci tangan memang wajib, sebab banyak juga orang yang menyepelekan. Paling mudah menularkan penyakit adalah lewat sentuhan, ingat tangan buat makan, kadang untuk memegang muka, dll. Jadi usahakan agar bersih setiap saat.

Keringkan tangan dengan handuk kecil atau tisu, tangan yang basah mudah membuat kuman maupun bakteri menempel.

Sekarang tidak usah takut lagi dalam menggunakan toilet umum. Sebab kamu sudah tau bagaimana melindungi diri dari kuman. Yah belum jaminan sih kuman enggak bisa nempel cuman hanya meminimalisir kuman tidak berpindah tangan. Yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga kuman takut dengan kamu. Dan dengan adanya bacaan ini setidaknya kamu tahu langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam mencegah kejahatan pada toilet umum. Semoga informasi berguna dan bermanfaat bagi kamu yang menggunakan toilet umu saat berada di luar rumah.


 
Sponsored Links