-->

Selasa, 16 Agustus 2016

Lomba Makan Kerupuk
Bulan Agustus ini bakal ada banyak sekali acara yang terkait dengan 17an mulai dari syukuran (selamatan), peringatan detik-detik proklamasi dan upacara bendera, serta aneka perlombaan yang diselenggarakan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Untuk kategori lomba agustusan biasanya terbagi menjadi tiga hingga empat kategori yaitu lomba untuk ibu-ibu, lomba untuk bapak-bapak, lomba untuk anak-anak dan lomba untuk balita. Gelak tawa selalu menghiasi acara lomba 17 agustusan.

Disini kami akan berbagi 21 macam lomba 17 Agustus yang secara umum biasa kita kenal seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba panjat pinang, lomba tarik tambang hingga lomba yang tergolong unik dan langka di Indonesia seperti lomba menangkap bebek dan lomba merangkap sambil ngedot layaknya balita.

So, mau tahu daftar lengkap lomba 17 agustusan yang menarik tersebut?

Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang wajib ada dalam setiap gelaran lomba 17 agustus. Dibeberapa daerah malah ada lomba makan kerupuk sekalian sama nasi dan lauknya. Selain itu, agar terlihat modern, dibeberapa wilayah di Jawa Timur justru menambahkan dengan sambal tabur diatas kerupuknya. Heem kreatif sekali bukan?

Lomba Balap Karung

Selain lomba makan kerupuk, lomba balap karung merupakan lomba klasik yang masih disukai oleh semua orang. Perbedaan antara balap karung yang sekarang dengan jaman dulu adalah, pada beberapa tahun belakangan lomba balap karung menggunakan karung goni, sedangkan pada saat ini kebanyakan panitia menggunakan karung plastik (glangsi) untuk lomba favorit ini.

Lomba Memindahkan Belut

Ada yang berani ikut lomba memasukkan belut kedalam botol? Tidak semua orang berani mengikuti lomba memasukkan belut dari wadah besar seperti kaleng kedalam botol minuman. Butuh trik khusus agar belut yang dipegang tidak terlepas. Triknya cukup sederhana, gunakan kuku untuk memegang kepala belut.

Lomba Memasukkan Pensil

Butuh kesabaran ekstra untuk mengikuti lomba memasukkan paku kedalam botol, hal ini dikarenakan posisi memasukkannya cukup sulit dengan melalui benang yang digantung dibelakang perut peserta. Uniknya pada beberapa daerah media yang digunakan seperti paku diganti dengan pensil, bolpoin ataupun bambu.

Lomba Panjat Pinang

Apakah lomba agustusan paling sulit hingga saat ini? Semua pasti sepakat bahwa panjat pinang merupakan lomba paling sulit! Hal ini cukup wajar mengingat setiap pinang (pohon jambe) yang digunakan telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng. Selain itu tingkat ketinggian pohon juga mempengaruhi sulitnya mendapatkan hadiah diperlombaan ini.

Lomba Pukul Balon Isi Air

Adakah yang pernah kena pukul peserta lain ketika mengikuti lomba pukul air ini? Jika Anda pernah mengalaminya, itu wajar karena semua peserta yang mengikuti lomba memecahkan balon berisi air ini matanya ditutup menggunakan selembar kain sehingga sangat menyulitkan. Selain itu biasanya balon bisa diganti juga dengan kendi ataupun plastik dengan berisikan air warna-warni.

Lomba Memindahkan Kelereng

Ingin tahu seberapa kuat gigi kamu? Coba ikutan lomba memindahkan kelereng menggunakan sendok ini. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk memenangkan lomba ini karena tingkat kesulitan terdapat pada menyeimbangkan posisi kelereng agar tidak jatuh dari sendok. Bagaimana trik memenangkan lomba kelereng ini? Silahkan gigit sendok di pinggir mulut kalian!

Lomba Tarik Tambang

Lomba murah meriah berikutnya adalah lomba tarik tambang. Biasanya setiap grup diisi dengan 4-5 orang. Untuk memenangkan lomba tarik tambang ini sebenarnya cukup mudah, tempatkan anggota grup yang memiliki tenaga paling besar (biasanya yang paling gendut) dibagian depan bukan dibelakang, dialah "kunci" yang akan menahan dan menarik lawan dilomba klasik ini.

Lomba Balapan Bakiak

Pernah lihat iklan rokok yang identik dengan jargon Ijo. . Ijo . . Ijo. . ?? Yap, setelah iklan tersebut membius pemirsa di Indonesia, pada setiap event lomba 17 Agustus selalu terdapat lomba balapan bakiak ini, butuh kekompakan untuk memenangkan lomba balapan ini. Usahakan selalu menjaga ritme agar kaki yang melangkah tidak terasa berat.

Lomba Balap Sepeda Lambat

Jika di MotoGP kita disuguhkan pertandingan balap motor secara kebut-kebutan, di lomba 17 Agustus ini justru ada yang unik dan menarik yakni lomba balap sepeda lambat. Sang pemenang adalah orang yang paling lambat mengendalikan sepeda hingga garis finish, dengan kata lain inilah lomba modern yang juga paling sulit dimenangkan selain panjat pinang dan memasukkan pensil dalam botol.

Lomba Sepakbola Sarung

Jangan pernah membayangkan akan terjadi hujan gol dipertandingan sepakbola sarung. Jangankan untuk memasukkan bola kedalam gawang, untuk menendang bola saja para pemain akan kesulitan, bahkan jika para pemain yang berkompetisi di Liga Inggris seperti Wayne Rooney (MU), Firminho (Liverpool), Diego Costa (Chelsea) mau berpartisipasi, dijamin mereka akan kesulitan mencetak gol.
Advertisement

Lomba Gigit Koin

Bagi yang pengen dapet uang dengan mudah, tidak ada salahnya mengikuti lomba gigit uang ini. Lomba yang ngetrend sejak awal tahun 2000-an ini biasanya menggunakan media kelapa muda, buah semangka ataupun sayur terong, namun media tersebut terlebih dahulu di lumuri dengan coklat, kopi bubuk maupun oli dan minyak sayur.

Lomba Memindahkan Karet

Ini nih lomba agustusan yang juga paling diminati oleh anak-anak karena cukup mudah untuk memainkannya. Selain itu trik yang digunakan agar menang lomba memindahkan karet menggunakan sedot ini tidaklah sulit. Cara paling mudah adalah jangan membiarkan karet gelang menggantung di ujung sedotan, karena akan menjadikan beban bagi sedotan, letakkan karet di ujung bibir.

Lomba Pukul Bantal

Adakah lomba 17-an yang paling sulit dimenangkan selain panjat pinak dan sepeda lambat? Ada, yaitu perang bantal. Lomba perang bantal ini dilaksanakan diatas kolam berisi genangan air berlumpur. Setiap peserta dimodali satu bantal atau guling yang telah dibasahi terlebih dahulu, hal ini tentu akan menambah beban bagi peserta karena harus membagi konsentrasi agar tidak terjatuh ke air.

Lomba Merias Mata Tertutup

Lomba merias dengan mata tertutup, ada yang mau ikutan? Dijamin dah, pemiliki salon profesional pun tidak akan sanggup memenangkan pertandingan ini. So, ini kesempatan bagi ibu-ibu dan para wanita cantik untuk menunjukkan bahwa kalian bisa merias pasangan dengan mata tertutup.

Lomba Memindahkan Bendera

Memindahkan bendera kedalam botol dalam jumlah sebanyak-banyak merupakan perlombaan paling simpel. Hanya dibutuhkan kecepatan agar dapat memenangkan perlombaan ini. Bagi yang tidak kuat berlari, mending ikutan aja hitung-hitung untuk program diet berat badan.

Lomba Joget Balon

Ada yang bilang lomba joget balon ini mudah, tapi kenyataannya lomba joget dengan balon yang diapit oleh dua peserta ini tidak semudah yang dibayangkan. Karena sifat balon yang licin menjadikannya tidak mudah untuk diapit, terlebih jika mengapitnya menggunakan dahi atau perut.

Lomba Memasak


Inilah lomba khusus untuk ibu-ibu untuk memeriahkan kemerdekaan RI tahun ini. Lomba memasak biasanay diselenggarakan pada event terakhir dari semua perlombaan, tidak heran jika peserta yang mengikuti lomba memasak ini selalu membeludak. Namun menu yang disajikan tidak akan jauh dari yang namanya Nasi Goreng dan Bubur, percaya?

Lomba Tangkap Bebek

Jika memasak adalah lomba khusus untuk ibu-ibu, maka lomba menangkap bebek adalah lomba khusus untuk bapak-bapak. Tidak mudah menangkap bebek diair, dan hingga saat ini belum ada yang membocorkan trik untuk lomba yang paling sering digelar di Bali dan beberapa kota di Jawa Timur seperti Kota Surabaya, Kota Sampang, Kota Ngawi dan Kota Wisata Batu.

Lomba Balap Egrang

Lomba balap egrang merupakan lomba yang membutuhkan konsentrasi tinggi agar keseimbangan badan tetap terjaga. Dalam beberapa perlombaan, egrang di kombinasikan dengan pertandingan sepakbola dan lomba makan kerupuk, semua menggunakan engrang sebagai media berjalan agar terlihat unik dan menarik.

Lomba Merangkak

Lomba meangkap sambil ngedot tapi bukan dikhususkan bagi balita melainkan bagi orang tua mungkin terasa aneh dan asing di telinga masyarakat di Indonesia. Hal ini cukup wajar mengingat sejauh ini hanya di propinsi Sulawesi yang rutin menggelar lomba 17 agustusan ini. Apakah yang lain mau mencoba?

Mungkin itulah macam-macam lomba 17 Agustus yang bisa dibagikan, jika ada perlombaan yang unik lainnya dan masih berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia pasti akan dibagi disini. Happy Independance Day Indonesia! Merdeka. . . Merdeka. . . Merdeka








Sumber : Batumedia.com

 
Sponsored Links